Lanskap Digital Indonesia di tahun 2017 chubbyrawit

Lanskap Digital Indonesia di tahun 2017

Dengan populasi lebih dari 250 juta, Indonesia merupakan salah satu pasar yang paling menarik di Asia Tenggara. Indonesia juga merupakan negara terbesar di Aisa Tenggara dan keempat terbesar di dunia.

Menurut penelitian online, Indonesia memiliki lebih dari 100 juta pengguna internet aktif dengan pertumbuhan konstan secara tahunan.

Trend Mobile

Paket data murah yang ditawarkan oleh Telekomunikasi Provider Indonesia, membuat langganan pengguna SIM di Indonesia naik mencapai lebih dari 330 juta yang berarti melebihi jumlah penduduk Indonesia secara keseluruhan. Oleh karena itu pasar ponsel terus meningkat dengan hampir setiap pengguna memiliki rata-rata dua kartu SIM.

Dulu ada kondisi dimana seseorang akan dianggap gila jika mereka berpikir bahwa semuanya dapat digunakan melalui ponsel, namun sekarang kondisi itu justru sudah menjadi kenyataan. Sejak munculnya smartphone, internet mudah diakses menggunakan paket data dan wifi gratis yang ditawarkan oleh kafe sekitar, semakin memudahkan masyarakat Indonesia untuk mengakses internet. Dengan demikian, meningkatnya pengguna media sosial yang aktif tidak bisa dihindari. Sekarang, justru kondisi berbalik, seseorang akan menjadi gila apabila tidak membawa ponselnya, karena penggunaan ponsel untuk transaksi sehari-hari pada saat ini merupakan sebuah kebutuhan dasar.

E-commerce juga perlahan menembus kebiasaan berbelanja masyarakat Indonesia, semakin banyak pengguna internet Indonesia yang mulai percaya membeli suatu barang hanya dengan melihat gambar produk dari gambar berkualitas tinggi. Dengan munculnya e-commerce, situs dengan desain responsif selalu menjadi faktor utama keberhasilan suatu situs, karena kebanyakan pengguna menggunakan ponsel untuk berbelanja di pasar online seperti Tokopedia, Bukalapak, Zalora dan sejenisnya.

Bahkan merek lokal kecil membuat diri mereka dikenal melalui pemasaran sosial media untuk memberikan traffic (link kembali) ke situs web e-commerce mobile mereka. Merek lokal secara perlahan mengakui fakta bahwa digital adalah satu-satunya cara untuk dapat bersaing di masa depan.

Di ChubbyRawit, kami membantu usaha kecil dan menengah untuk menyadari potensi akan digital, memberikan Anda “sensasi pedas” yang dibutuhkan untuk kesuksesan keberadaan online bisnis Anda. Berkonsultasi dengan kami secara gratis dan lihatlah perbedaannya.