Sebagai pemilik bisnis tentunya Anda ingin produk Anda menjangkau pasar yang lebih luas. Dengan pasar yang lebih luas, tentunya akan berkontribusi positif terhadap awareness konsumen dan pada akhirnya akan berpotensi meningkatkan penjualan.

Berbagai cara dapat digunakan untuk memasarkan produk Anda. Berbagai media pun dapat Anda manfaatkan untuk mengenalkan produk Anda kepada konsumen. Seiring dengan perkembangan teknologi hadir kanal pemasaran baru secara digital melalui media online. Di era internet of things ini pemasaran online sangat penting karena makin banyak konsumen memadati kanal-kanal digital. Pemasaran online merupakan cara yang paling cepat untuk menjangkau mereka dibandingkan pemasaran offline dengan cara-cara tradisional.

Berikut ini adalah alasan mengapa pemasaran online dinilai lebih efektif dibandingkan dengan pemasaran offline:

Small business chubbyrawitMelalui pemasaran online produk-produk rintisan memiliki ruang untuk berkompetisi dengan produk-produk yang dihasilkan bisnis skala besar yang telah hadir sebelumnya. Tentunya akan sulit menembus pasar yang sudah dikuasai oleh produk yang telah established sebelumnya dengan cara pemasaran offline. Namun, dengan banyaknya kanal digital yang tersedia, pemasaran online dapat memberikan ruang bagi produk rintisan untuk mengenalkan produk ke target market dan menanamkannya ke dalam benak konsumen.

hemat chubbyrawit

Bayangkan berapa biaya yang harus Anda keluarkan untuk beriklan di baliho, TV atau surat kabar? Sekarang bandingkan dengan biaya yang harus Anda keluarkan untuk membuat akun social media untuk mengenalkan produk Anda. Nyaris tidak ada biaya untuk platform ini.

Dibandingkan beriklan di surat kabar dan menunggu waktu terbitnya, Anda bisa membuat online campaign untuk mempromosikan produk Anda dengan lebih cepat. Bisa dalam hitungan jam bahkan menit tergantung seberapa rumit materi yang Anda siapkan.

Dengan media offline Anda hanya akan dapat menjangkau pasar lokal dimana media tersebut berada. Namun, dengan media online batas-batas wilayah menjadi hilang. Pembeli produk Anda bisa berasal dari mana saja bahkan lintas negara.

Fitur iklan berbayar yang disediakan oleh beberapa social media platform seperti Facebook dan Instagram selain berbiaya terjangkau, juga memudahkan pemilik produk untuk menentukan tujuan pemasarannya. Fitur tersebut dirancang sesuai dengan kebutuhan pengiklan apakah untuk meningkatkan brand awareness atau menjangkau sebanyak-banyaknya orang.

Algoritma fitur iklan berbayar memungkinkan Anda untuk menjangkau pasar dengan lebih akurat. Berbagai variabel demografi seperti jenis kelamin, umur, pekerjaan, kota tempat tinggal, hobi, sampai ketertarikan terhadap sesuatu dapat dipilih sesuai dengan target market Anda. Pilihan ini tentunya membuat biaya pemasaran yang Anda keluarkan lebih terarah dan efektif. Bandingkan dengan pemasaran offline seperti membuka booth di pekan raya atau pusat perbelanjaan dimana akan sulit memfilter dan menarget konsumen potensial.

Melakukan pemasaran secara online lewat social media memberikan kesempatan bagi Anda untuk berinteraksi dengan konsumen. Anda dapat berinteraksi dengan calon pembeli dan mempengaruhi mereka untuk melihat dan mempelajari produk Anda lalu kemudian melakukan pembelian. Setelah itu mereka akan memberikan penilaian dan ulasan mengenai produk Anda yang bisa dibaca oleh calon pembeli lainnya sehingga terbentuk kepercayaan pasar.

Pemasaran online memungkinan Anda secara langsung melacak materi mana yang memberikan hasil lebih baik, berapa banyak orang yang melihat, dimana dan kapan mereka melihatnya, dan siapa saja yang melihatnya. Informasi ini dengan mudah Anda dapatkan lewat ujung jari. Bandingkan dengan metode pemasaran melalui TV, surat kabar, atau baliho yang membutuhkan waktu sampai berminggu-minggu untuk melihat hasilnya.

Data yang real time dan terukur memberikan Anda alat analisis untuk mempelajari habit dan ketertarikan pembeli potensial Anda. Kemudahan ini membantu Anda untuk menentukan cara komunikasi seperti apa yang cocok dengan sasaran target market Anda.

Ketika produk Anda dapat menjangkau target market yang lebih luas secara akurat, hal ini akan mendorong terjadinya peningkatan penjualan. Dalam jangka panjang ini akan menjamin keberlanjutan produk Anda di pasar.

Tertarik untuk melakukan pemasaran online tapi tidak tahu harus mulai dari mana? Jangan khawatir, ChubbyRawit siap membantu pemasaran produk Anda dengan lebih efektif secara online.